Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

Peripheral Storage & Peripheral Input/Output

A. Peripheral Storage
1.      USB flash drive 
adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. PerNovember 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan. (Febriari, 2015)
2.      CD/DVD ROM DRIVE
CD-ROM (dieja /ˌsiːˌdiːˈrɒm/, merupakan akronim dari compact disc read-only memorybahasa Indonesia: CD Memori Baca-Saja) adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. (Febriari, 2015)
3.      External  harddisk drive 
Hard drive adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile). (Febriari, 2015)
4.      Disk Drive
Disk storage atau penyimpanan disc adalah kategori umum dari penyimpanan komputer mekanisme, di mana data dicatat pada planar, bulat dan berputar permukaan (disk, cakram, atau piring). Sebuah disk drive adalah perangkat periferal yang digunakan untuk merekam dan mengambil informasi. Implementasi utama adalah hard disk,,floppy disk dan optical disk. Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data blok. Setiap disk logis dibagi ke dalam blok . Blok semua ditangani menggunakan alamat blok logis. Membaca atau menulis ke disk terjadi pada rincian dari blok. (Febriari, 2015)

B. Peripheral Input/Output
1.      Modem
Modem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah.
Pada intinya fungsi modem merupakan suatu perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi untuk komunikasi 2 arah yang dapat mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya guna mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju. (Yovi, 2014)
2.      NIC ( Network Interface Card )
NIC adalah sebuah peralatan elektronik yang dibuat pada sebuah papan PCB yang akan melakukan konversi sinyal sehingga sebuah workstation bisa mengirim dan menerima data dalam jaringan. Sering disebut juga dengan Ethernet card, atau sering juga disebut LAN card. NIC merupakan kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi pada komputer. Slot yang diperlukan bisa berupa slot PCI atau ISA. Selain itu terdapat juga beberapa card yang diperuntukkan khusus bagi laptop atau notebook dengan socket PCMCIA. Sedangkan untuk output portnya dapat berupa port BNC, AUI (Thick Ethernet), dan UTP. (ahli, 2015)

Daftar Pudtaka

ahli. (2015, 03 30). Pengertian NIC dan Fungsi NIC. Retrieved from PENGERTIAN AHLI: http://www.pengertianahli.com/2015/03/pengertian-nic-dan-fungsi-nic.html
Febriari, D. (2015, 10 05). PERANGKAT EKSTERNAL. Retrieved from Didit's Blog: http://diditfebriari.blogspot.co.id/2014/10/perangkat-eksternal.html
Yovi, M. (2014). Pengertian Modem, Fungsi Modem, Jenis-Jenis Modem. Retrieved from WooCara!: http://woocara.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-modem-fungsi-modem.html
loading...

0 on: "Peripheral Storage & Peripheral Input/Output"