Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

Cara Remot Router Client dalam satu jaringan - TOTOLINK N200RE V5 - Virtual Server

Router TOTOLINK N200RE_V5 dirancang khusus untuk rumah dan kantor kecil, memberikan kecepatan nirkabel hingga 300Mbps. Struktur mini dengan Interface 2LAN +WAN membuatnya sangat nyaman bagi pelancong untuk membangun jaringan nirkabel dan kabel dalam perjalanan mereka.  Umumnya, ini adalah solusi hemat biaya bagi kelompok kecil untuk mengakses Internet. 

Dalam sebuah jaringan sekolah, kantor, instansi, dll. biasanya membagi jaringan internet dibeberapa lokasi atau ruangan dalam gedung tersebut melalui media wired maupun wireless. pada setiap titik ruangan biasanya dipasang router untuk memudahkan mengakses internet.

Untuk mempermudah Teknisi Jaringan mengatur dan memanajemen Router di setiap titik, Pada Ruoter Totolink N200RE Versi 5 terdapat fitur Virtual server untuk mengakses router melalui port WAN. jadi antara router satu dengan yang lainnya saling terhubung, kita bisa membuka router A di router B atau sebaliknya.



Cara mengaktifkan Virtual Server ini cukup mudah, 

1. Langkah pertama pastikan kita terhubung dengan wifi router tersebut, dan port WAN sudah terhubung dengan Modem/mikrotik. dan jangan lupa isi IP address internet dengan pilih Connection Type Static agar IP Address yang dimiliki router tetap dan tidak berubah - ubah jika menggunakan DHCP.



2. Selanjutnya buka browser ketik 192.168.0.1


3. kemudian login dengan password : admin ( tergantung pembuatan password setup diawal ). kemudian masuk mode advanced kemudian masuk menu NAT


4. Setelah masuk pada menu NAT enable Virtual Server. dan klik icon + ( add ). kemudian isi kolom yang tersedia
        Deskripsi   : bisa dikosongi
        Protokol    : Pilih All
        IP Address : isi dengan IP Address LAN Router 192.168.0.1 ( Default )
        Internal Port : 80
        Eksternal Port : 80
jika sudah terisi semua klik Icon Operate


Selesai, cukup itu saja bagian yang perlu di setting. sekarang tes buka router di router yang lain, pastika router yang lain sudah terhubung denga modem satu jaringan sesuai gambar pada topologi diatas.

Buka Browser ketikan IP Address yang kita isikan secara Statik pada langkah awal. disini tadi saya contohkan 192.168.1.2 , jika sudah muncul seperti gambar dibawah ini berarti kita sudah berhasil membuat virtual server pada router Totolink N200RE Versi5


Nah, Dengan Virtual Server ini kita dimudahkan untuk memanajemen router tanpa kita mendekat dan terhubung dengan Wifi Router.




0 on: "Cara Remot Router Client dalam satu jaringan - TOTOLINK N200RE V5 - Virtual Server"