Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

Membuat wifi di laptop dengan cmd


          
     
             kadang kita bertanya - tanya apakah bisa kita buat wifi di laptop kita, setahu kita, laptop hanya bisa menerima wifi bukan memancarkan wifi. ternyata anggapan kita salah. kita bisa membuat jaringan wifi dengan laptop kita. jaringan wifi ini biasa di sebut dengan jaringan Wireless Ad-Hoc. dari sini kita bisa sharing atau membagikan wifi yang terhubung di laptop kita dengan kata lain kita bisa memancarkan ulang wifi yang kita gunakan dengan ssid dan password yang kita buat sendiri. gimana caranya ?? kita langsung simak tutorial dibawah ini..

    1.  Untuk membuat wireless ad-hoc melalui CMD ( Command Prompt ), yang pertama dilakukan yaitu buka CMD Administrator , Caranya klik start ketik di kolom pencarian CMD klik kanan pada Icon CMD pilih Run As Administrator. 

    2. Kemudian muncul tampilan CMD Administrator, Di sini kita akan membuat Wireless Ad-hoc dengan membuat SSID dan Key, Caranya Ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allow SSID=Kelompok_8 Key=kelompok8 , untuk yang bewarna merah terserah sesuai keinginan. Password atau key diisikan minimal 8 digit.



     3.   Jika berhasil akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, jika tampilan tidak seperti gambar dibawah ini mungkin terdapat kesalah dalam penulisan.


     4.    Setelah berhasil membuat SSID dan Key selanjunya kita jalankan dengan cara ketik netsh wlan start hostednetwork jika muncul tulisan The hosted network started seperti gambar dibawah ini berarti kita sudah berhasil membuat jaringan wireless Ad-hoc.




     5.       Kita berhasil membuat jaringan Ad-hoc tetapi masih belum terdapat internet yang terhubung, sekarang kita beri internet, caranya hubungkan PC dengan wifi yang terdapat internetnya. Kali ini kami memakai wifi Hostpot_TKJ_SMKI
     6.       Setelah terhubung dengan wifi atau internet selanjutnya kita sharing internetnya ke adapter atau jaringan Ad-hoc yang kita buat tadi. Masuk ke Control Panel – Network and Internet –Network and Sharinng Center – Change Adapter Setting. Setelah terbuka seperti gambar dibawah ini pilih dan klik kanan pada adapter yang terdapat internet atau yang terhubung dengan wifi kemudian pilih Properties.

    7.       Setelah kita klik kanan dan Properties akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini pilih tab sharing kemudian pada tab sharing centang checkbox seperti gamabar dibawah ini. Selesai klik OK sekarang Jaringan Wireless Ad-hoc yang kita buat tadi sudah tedapat internet artinya client yang tehubung dengan jaringan yang kita buat dapat mengakses internet.


nah itu tadi cara membuat wifi di laptop kita. jika ada kesalahan atau langkah yang kurang jelas bisa hubungi admin lewat via email atau comment dio kolom komentar. jangan lupa like agar blog ini tetap update... ok trimmzzz

0 on: "Membuat wifi di laptop dengan cmd"