Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

cara mengatur bandwidth internet - Simple Queue pada mikrotik


Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia adalah sebuah negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat populer di Indonesia. MikroTik sekarang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berupa Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik adalah MikroTik RouterOS.
MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain.
Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak datayang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Istilah iniberasal dari bidang teknik listrik, di mana bandwidth yang menunjukkantotal jarak atau berkisar antara tertinggi dan terendah sinyal pada salurankomunikasi (band). Banyak orang awam yang kadang menyamakan artidari istilah Bandwidth dan Data Transfer, yang biasa digunakan dalaminternet, khususnya pada paket – paket web hosting. Bandwidth sendirimenunjukkan volume data yang dapat di transfer per unit waktu.Sedangkan Data Transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website. Lebihmudah kalau dikatakan bahwa bandwidth adalah rate dari data transfer.


Di dalam jaringan komputer, bandwidth sering digunakan sebagaisuatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapatdibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (padaumumnya dalam detik). Jenis bandwidth ini biasanya diukur dalam bps(bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes persecond).Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar/tinggimemungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengirimangambar/images dalam video presentation.

Simple Queue

1.      Pertama yang harus dilakukan adalah pastikan semua sudah berjalan seperti IP, DNS, dan Firewall. Pada intinya client mikrotik sudah mendapatkan internet. Untuk interface kita hanya menggunakan LAN pada ether2 dan internet pada ether 1.



2.      Langkah selanjutnya yaitu masuk pada menu Queues, akan muncul seperti gambar dibawah ini tersedia beberapa Tab – tab konfigurasi Queue. Pilih tab Simple Queues,  dan kemudian klik tanda Plus.



3.      Setelah klik tanda plus akan muncul kolom konfigurasi Simple queue, pada tab general Nama ( boleh diganti atau tidak ), kemudian Target arahkan pada ether2 atau ke Lan, untuk target ini adalah menentukan pada ether berapakah yang akan kita manajemen bandwithnya. Nah.. kemudian kita isin yang paling penting yaitu Max Limit Upload dan Download, pada bagian ini kita isikan sesuai bandwith yang kita miliki. Selesai klik apply dan Ok.

4.      Jika konfigurasi selesai akan muncul hasil konfigurasi seperti gambar dibahawah ini..



5.      Selanjutnya kita coba cek apakah konfigurasi Simple Queue kita berhasil atau tidak melalui speedtest pada browser. Jika hasilnya sesuai max limit yang kita masukkan tadi berarti konfigurasi kita berhasil..


0 on: "cara mengatur bandwidth internet - Simple Queue pada mikrotik"