Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

KOMPONEN, FUNGSI, STRUKTUR KOMPUTER




KOMPONEN KOMPUTER
Pengertian Komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara ataupun video.
Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit. Yaitu unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Process), dan unit pengeluaran (Output).
1.    Komponen Input
Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada computer seperti :
a)      Keyboard. Keyboard merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0 hingga 9, dan perintah-perintah lainnya.
b)      Mouse. penghubung antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
c)      Pen. Hanya ada ketika layar yang digunakan merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.
d)     Microphone.Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara
e)      Scanner. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital.


2.    Komponen Pemrosesan
Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudia ditampilkan pada komponen output.
a)      Prosesor. Komponen utama untuk pemrosesan data
b)      Motherboard. Komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Seperti huubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT.
c)      Hard Disk. Untuk menyimpan semua intrpretasi yang diperlukan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
d)     Memori (RAM). untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara.
3.      Komponen Output
Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya.
a)      Monitor : peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.
b)      Printer :  berfungsi mencetak hasil dari proses komputer kedalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan.
c)      Speaker : peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari computer.
d)     Proyektor : Perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar



FUNGSI KOMPUTER
Komputer adalah alah yang memiliki banyak sekali fungsi, tergantung pada penggunanya. tetapi computer juga memiliki 5 fungsi utama, yaitu :
       1. Data Input
Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

       2. Data Processing
Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Umumnya, data yang diolah di dalam komputer adalah berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

       3. Data Output
Fungsi komputer berikutnya adalah untuk menghasilkan output/ informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, alat printer, dan speaker.

       4. Data Storage
Komputer juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga dapat ditemukan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

       5. Data Movement
Fungsi lain dari komputer adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.




STRUKTUR INTERKONEKSI
Struktur interkoneksi adalah suatu kumpulan jalan atau saluran berbagai modul seperti CPU, memori dan I/O sehingga saling terhubung. Struktur interkoneksi tergantung pada jenis data dan karakteristik pertukaran data.
Struktur interkoneksi terdiri dari :
a.       Memori
Pada umumnya, memori terdiri atas N word memori dengan panjang yang sama. Masing–masing word diberi alamat numerik yang unik (0, 1, 2, …N-1). Word dapat dibaca maupun ditulis pada memori dengan kontrol Read dan Write. Lokasi bagi operasi dispesifikasikan oleh sebuah alamat
 

b.     CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sebagai pusat pengolahan dan eksekusi data berdasarkan routine–routine program yang diberikan padanya. CPU mengendalikan seluruh sistem komputer sehingga sebagai konsekuensinya memiliki koneksi ke seluruh modul yang menjadi bagian sistem komputer



c. Modul I/O
Operasi modul I/O adalah pertukaran data dari dan ke dalam komputer. Berdasakan pandangan internal, modul I/O dipandang sebagai sebuah memori dengan operasi pembacaan dan enulisan. Seperti telah dijelaskan pada bab 6 bahwa modul I/O dapat mengontrol lebih dari sebuah perangkat peripheral. Modul I/O juga dapat mengirimkan sinyal interrupt

      d. Processor
Prosesor membaca dalam instruksi dan data, menulis data setelah keluar pengolahan, dan menggunakan sinyal kontrol untuk mengendalikan keseluruhan sistem operasi. Juga menerima sinyal interupt.
Dari  jenis  pertukaran  data  yang  diperlukan  modul  –  modul  komputer,  maka struktur interkoneksi harus mendukung perpindahan data berikut :
a)      Memori ke CPU
CPU melakukan pembacaan data maupun instruksi dari memori.
b)      CPU ke Memori
CPU melakukan penyimpanan atau penulisan data ke memori.
c)      I/O ke CPU
CPU membaca data dari peripheral melalui modul I/O.
d)     CPU ke I/O
CPU mengirimkan data ke perangkat peripheral melalui modul I/O.
e)      I/O ke Memori atau dari Memori ke I/O
digunakan pada sistem DMA (Direct Memory Access). 



DAFTAR PUSTAKA

1.      Salamadian. 2018. PENGERTIAN KOMPUTER : Fungsi, Komponen, Sejarah & Gambar Komputer. [Internet]. Tersedia di: https://salamadian.com/fungsi-komponen-pengertian-komputer/.
2.      Maxmanroe. 2018. Pengertian Komputer: Fungsi, Jenis, dan Komponen Komputer. [Internet]. Tersedia di: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-komputer.html
3.      Devi Devistasari. 2018. Struktur Interkoneksi, Koneksi Bus Dan Contoh Eksekusi Program. [Internet]. Tersedia di: http://devidesvitasari.blogspot.com/2016/09/struktur-interkoneksi-interkoneksi-bus.html
4.       Eva. 2013. Interkoneksi struktur. [Internet].
5.       Aji S. 2015. DMA (Direct Memory Access) Pada komputer. [Internet].

0 on: "KOMPONEN, FUNGSI, STRUKTUR KOMPUTER"