Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

Sistem Ujian Berbasis Komputer Sederhana ( Low Budget )


Ujian Berbasis Komputer atau istilah kerennya CBT ( Computer Based Test ) sekarang mulai banyak peminat di kalangan pendidikan di indonesia, Beberapa tahun lalu sudah ditetapkan atau mewajibkan Ujian Nasional untuk SLTA wajib menggunakan CBT. nah ditahun berikutnya turun di SLTP..
Untuk melaksanakan CBT ini pastinya mengeluarkan dana yang tidak sedikit perlu perlengkapan Komputer Server, Client dan beberapa alat jaringan.
Nah.. Pastinya banyak sekolah yang mungkin agak kesulitan untuk mencapai perlengakapat tersebut..

Tetapi tidakk hanya berhenti di tingkat SLTP banyak juga Sekolah di tingkat Sekolah Dasar yang pengen melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut.

Dari masalah - masalah diatas saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya ketika berkecipung di dunia CBT. saya aktif jadi operator juga teknisi di Madrasah Ibtidaiyah atau ditingkat sekolah dasar. saya punya keingingan untuk mengadakan ujian berbasis komputer di sekolah saya tetapi kendala utamanya yaitu susah untuk mendapatkan perlengkapan CBT sesuai standart ujian CBT. kemudian saya mencoba memutar otak agar CBT ini tetap berjalan meskipun dengan modal kecil.

1. Aplikasi Server
awalnya saya mencari aplikasi server ujian yang cocok, banyak aplikasi server yang sudah beredar di internet yang berbayar maupun gratis. karena keterbatasa biaya akhirnya saya mencari yang Gratisan haha.. salah satunya Beesmart, ini merupakan aplikasi dari tuwagapat.com kata orang" sih ini mbah nya dari Cbt hehe saya juga kurang tau sih,,, tapi selain itu masih banyak versi aplikasi Ujian yang gratisss.. Untuk mendapatkan Besmart Server klik disini

2. Komputer Server
langkah selanjutnya menyiapkan komputer sebagai server, nah disini spesifikasi komputer yg digunakan untuk server menyesuaikan dengan jumlah client atau siswa, biasanya di sesuaiakn dengan kapasitas RAM dan Prosesor komputer sever. dari pengalaman, saya menggunakan komputer dengan spesifikasi RAM 4GB prosesor Core i3 bisa menampung user sebanyak 150 siswa

3. Client
Nah, disini nih kelemahan sekolah ditingkat sekolah dasar, banyak yg tidak punya lab komputer atau bahkan tidak mempunyai komputer sebanyak siswa. dari masalah ini saya mencoba client atau siswa menggunakan Smartphone masing - masing. dari survey yg saya lakukan di beberapa sekolah rata - rata siswa dalam keluarganya yg tidak memiliki smatphone hanya 10%. jadi kebanyakan dalam keluarga si siswa memiliki Smartphone yg bisa digunakan untuk ujian.

tetapi itu tidak mudah, pasti siswa yg tidak memiliki merasa iri karena tidak bawa smartphone sendiri. untuk mengatasi itu kami dari pihak sekolah mengadakan Laptop untuk siswa yg tidak memiliki smartphone , siswa yg tidak bawa smartphone akan dipinjami oleh sekolah.

Bagi siswa yg tidak punya smartphone pasti pengen punya akhirnya pulang merengek minta ke orang tua, sedangkan kondisi orang tua ekonomi lemah. untuk menghindari hal itu siswa dibekali pesan "Bagi yg punya Smartphone dibawa, dan baginyg tidak punya tidak boleh beli akan dipinjami laptop dari sekolah"

4. Jaringan
untuk jaringan jika standart untuk ujian nasional maka harus menggukan komputer atau laptop yang dihubungkan dengan kaber atau wired, tetapi disinini karena low budget maka saya menggunakan sistrm wireless atau tanpa kabel, menggunakan Wifi sebagai penghubung server dengan client. dengan menggunakan sebuah router wifi bisa menjalankan ujian berbasis komputer, tapi banyak juga kendala jika menggunakan jaringan tak terlihat atau ghoib. tiba" jaringan hilang, hp tidak bisa konek dan sebagainya. tetapi itu hal wajar. jika menginginkan jaringan yg maksimal ada router wifi yang recomeded yaitu Unifi bisa menampung 100 user secara bersamaan.

nah.. itu tadi beberapa opsi melaksanakan UBK dengan low budget dengan biaya murah bukan tidak mungkin untuk melaksanakan ujian berbasis komputer.

1 buah serber
1 buah router
dan beberapa client (smartphone,tablet,laptop atau komputer)

artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi yang saya alami selama berkecimpung di persoalan CBT atau UBK, jika ada kesalahan mohon bantuannya untuk memperbaiki dengan cara tulis di kolom komentar.



loading...

0 on: "Sistem Ujian Berbasis Komputer Sederhana ( Low Budget )"