Search This Blog

RameRame. Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Cara Membuat Voucher Hotspot di Mikhmon Server

 Mikhmon adalah aplikasi berbasis web untuk mempermudah pengelolaan hotspot MikroTik, tanpa menggunakan radius server. Penjelasan lengkap te...

Membangun E-learning dengan Quizizz


Semakin berkembangnya teknologi memaksa kita untuk turut ikut serta dalam perubahan tersebut, tanpa kita sadar teknologi sangat berkembang pesat, misalnya dalam dunia Pendidikan. Banyak platfom – platfom yang menyediakan aplikasi atau software pendukung untuk menunjang Pendidikan berbasis digital atau biasa disebut E – learning, misalnya Edmodo, Ruang guru, Google Class room, dll. Semua produk tersebut sangat cocok untuk menunjang Pendidikan berbasis digital.
Selain beberapa Platfom diatas ada satu yang berbeda diiantara yang lain, yaitu Quizizz , Platform ini tidak jauh beda dengan yang lain tetapi memiliki ciri khas tersendiri. Quizizz di bekali dengan animasi” yang membuat user tidak jenuh dalam menggunakannya. Quiz yang disediakan di tambah dengan timer dan juga animasi” dan suara yang menegangkan sehinga menyerupai Game dan bisa menambah semangat untuk mengerjakan quiz.
Quiziz juga dibekali dengan rekap data statistik yang dapat digunakan untuk mengetahui kemapuan siswa dalam mengerjakan soal. Terdapat analisis soal dan nilai yang dapat diunduh dalam format exel sehingga pengajar mudah dalam mengambil data hasil quis.
Cara menggunakan quizizz cukup mudah, langkah pertama yang dilakukan yaitu mendaftar atau Sign Up pada halaman Quizizz.com. 
Selanjutnya daftar menggunakan Email atau lebih budah langsung menggunakan Gmail, karena Quizizz ini terhubung dengan Google.
Jika menggunakan Akun google klik Sign Up with Google, kemudian isiskan email dan password google anda.
Nah, setelah selesai melakukan pendaftaran nanti kita akan disuguhkan halaman yang dimana kita disuruh untuk memilih sebagai guru, murid, atau orang tua.
Jika kita ingin membuat quiz pilih A Teacher  atau jika kita guru atau dosen. Setelah kita pilih akan ditampilkan Dassbord atau halam utama admin untuk mengatur dan memanajemen quiz. Pada menu terdapat, My Quiz, Report, Collection, memes, profile dan setting. Disini saya tidak akan menjelaskan satu prsatu fungsi dari masing masing menu tersebut tetapi saya akan langsung menunjukkan bagaimana cara membuat quiz.
Yang pertam dilakukan untuk membuat quiz adalah dengan men klik  Creat  a New Quiz yang terletak di bawah foto profile. Kemudian akan tampil pop up untuk memberi nama dan memilih kategori soal pada quiz tersebut.
Nah, sebelum lanjut disini kita bias membuat soal sendiri atau juga bias mengambil soal orang lain yang di share ke public. Kita bebas memilih membuat soal sendiri atau mengabil soal.
Disini kita coba buat soal sendiri dulu…
Nah, begini tampilan jika kita mengisi atau membuat soal sendiri, ada kolom soal dan jawaban, dan jangan lupa mengatur berapa lama soal tersebut muncul. Dan juga bias memilih bentuk soal, single answer atau multiple answer. Dan klik centang untuk memilih jawaban yang benar atau sebagai kunci jawaban. Kemudian klik save.
Untuk menambah soal selanjutnya klik tombol + berwarna biru dan buat soal sebanyak – banyak nya…. Jika sudah selesai membuat soal klik tomblo Finish Quiz di pojok kanan atas.

Terakhir kita beri gambar pada quiz untuk memperindah quiz, dan juga memilih Bahasa dan peringkat.
Nah, Quiz atau soal telah selesai kita buat. Selanjutnya mau kita apakan Quiz ini..di kerjakan live Game dikerjakan langsung atau digunakan untuk PR ( Homework ),,oke disini kita coba buat untuk PR..klik Home work
Kita tentukan kapan berakhirnya game atau quiz ini.. kemudian kllik Host Game.
Selesai sudah kita membuat Quiz akan muncul Game Code yang nantinya digunakan untuk Join Game oleh orang lain. Cara mengerjakannya adalah dengan men klik https://quizizz.com/join kemudian isikan Game Code yang muncul tadi.

Klik Start
Quiz Siap Dikerjakan!!!!!!!!!
Masukkan Kode 125804












1 on: "Membangun E-learning dengan Quizizz"